Dijamin Ampuh! Begini Tips Mengatasi Overheat pada Laptop
- Trik Komputer

Dijamin Ampuh! Begini Tips Mengatasi Overheat pada Laptop

kasurkotor.com РSelain Android, laptop juga menjadi salah satu perangkat elektronik yang mudah mengalami peningkatan suhu (overheat). Hal ini biasanya terjadi karena pemakaian laptop secara  intens, entah itu untuk bekerja, nonton film hingga bermain game. Kondisi laptop panas terus-terusan beresiko menyebabkan lag hingga kerusakan. Oleh karena itu, buat Anda yang sering mengalami masalah tersebut, berikut tips mengatasi overheat pada laptop.

Tips Mengatasi Overheat pada Laptop

Menggunakan Mode Power Saving

Laptop umumnya mengalami panas karena penggunaan secara intens. Oleh karena itu, untuk membatasi penggunaan CPU sebaiknya mengaktifkan mode power saving ketika menggunakan laptop. Mode power saving ini akan membatasi kinerja CPU sehingga daya yang digunakan juga akan berkurang. Selain tidak mudah panas, pover saving juga membuat laptop hemat baterai. Umumnya, ketika mode power saving diaktifkan maka kecerahan layar akan berkurang.

Memakai Laptop Tanpa Baterai

Penggunaan laptop secara terus-menerus memungkinkan pengguna untuk memakai laptop sambil mengecash. Nah, ketika melakukan charging ini secara bertahap akan ada aliran energi ke dalam laptop dan memicu terjadinya overheating. Apalagi jika pengisian baterai dilakukan hingga overcharging. Oleh karena itu, jika memang penggunaan laptop Anda sehari-hari membutuhkan waktu berjam-jam sebaiknya menggunakannya tanpa baterai. Laptop tanpa baterai akan membuat suhunya stabil.

Menggunakan Cooling Pad

Cooling pad merupakan salah satu solusi yang tepat dalam mengatasi overheat pada laptop. Alat ini akan menyerap panas dari kipas laptop sehingga tidak terjadi overheating. Bahkan, dengan menggunakan cooling pad, laptop akan bekerja secara optimal karena tidak perlu membatasi kinerja prosesor. Di sisi lain, cooling pad ini bisa dijadikan sebagai tatakan saat menggunakan laptop agar lebih nyaman.

Baca juga : Mau Browsing Tapi Terkendala? Begini Cara Membuka Blokir Nawala

Memperhatikan Penempatan Laptop

Penempatan penggunaan laptop seringkali disepelekan, sehingga tak sedikit orang yang memasang laptopnya di atas bantal, kasur hingga di pangkuannya. Nah, kondisi ini sebenarnya akan menutup tempat sirkulasi udara yang ada di bawah laptop. Hal inilah yang akan memicu terjadinya panas berlebih pada laptop.

Seperti yang kita tahu bahwasannya di bagian bawah laptop selalu ada 4 kaki yang berukuran pendek. Fungsi kaki tersebut adalah sebagai penyangga agar tetap terjadi sirkulasi udara di bawahnya. Ketika laptop diletakkan pada permukaan yang tidak rata seperti bantal, maka sirkulasi udaranya akan tertutup. Oleh sebab itu, berilah jarak lebih antara laptop dengan tatakannya.

Kurangi Intensitas Penggunaan Laptop

Tips lainnya yang juga perlu diperhatikan untuk mencegah overheating pada laptop adalah mengurangi intensitas penggunaannya. Jika dirasa laptop sudah digunakan selama 2-3 jam, sebaiknya istirahatkan laptop sebentar sebelum digunakan lagi.

Nah, itulah tadi beberapa tips mengatasi overheat pada laptop yang terbukti ampuh untuk digunakan. Agar lebih efektif, ada baiknya menggunakan laptop yang sudah dilengkapi dengan water cooling.